Kamis, 10 Agustus 2017

APLIKASI SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI DI FUNGSI ORGANISASI


Manajemen dapat dibagi menjadi 3 level yaitu level bawah (level operasional), level menengah (level taktik) dan level atas (level strategik). Karena setiap level manajemen melakukan kegiatan yang berbeda, maka sistem informasi yang digunakan juga berbeda.
Sistem – sistem informasi di level operasional ini memiliki tujuan utama untuk menjawab pertanyaan- pertanyaan rutin untuk keperluan mengontrol arus dari transaksi yang terjadi di organisasi. Sistem informasi semacam ini yang berbasis pada transaksi disebut dengan TPS ( Transaction Processing System) dan PCS (Process Control System). TPS dan PCS seharusnya masuk di bab ini sebagai sistem- sistem informasi di level bawah, tetepi TPS dan PCS sudah dibahas di bab sebelumnya, karena TPS bagian dari sistem-sistem fungsional, terutama bagian dari SIA dan PCS bagian dari sistem informasi produksi untuk level bawah.
Sistem- sistem informasi di level menengah digunakan untuk mengendalikan dan pengembilan keputusan manajemen yang sifatnya setengah terstruktur (semi structured). Sistem – sistem informasi ini diantaranya adalah sistem pakar (SP), jaringan neural buatan (JNB), sistem penunjang keputusan (SPK), sistem informasi geografik (SIG)
Sistem informasi di level atas digunakan untuk perencanaan stratejik dan pemecahan masalah. Sistem informasi di level stratejik ini adalah sistem informasi eksekutif (SIE).

Sistem informasi yang menghubungakan ke tiga level manajemen adalah sistem otomatisasi kantor (SOK).
Gambar 1 : Level Manajemen dalam fungsi organisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Data Flow Diagram

Perbedaan Context Diagram, Data Flow Diagram dan HIPO Setelah beberapa minggu lalu belajar tentang Context Diagram, sekarang ini saya aka...